My Review about Mercedes Benz 300E (Boxer W124)


Review kali ini akan membahas tentang salah satu mobil idaman saya sejak kecil, Mercedes Benz 300E (W-124) tahun produksi 1989.



Spesifikasi lengkap mengenai seluruh model W-124 dapat diperoleh di Wikipedia





Karena saya adalah orang awam yang tidak mempunyai latar belakang teknik sama sekali, maka review saya ini adalah murni hanya dari pengalaman pribadi ketika menggunakan mobil ini untuk sehari hari. Review ini kita bagi menjadi 3 bagian, yaitu Engineering, Akomodasi, dan Overall
Engineering : 
Dengan mesin 3000cc 6 silinder yang berkode M103L6, menghasilkan tenaga 188PS dan torque maks 260 Nm. Detail mengenai sistem kerja mesin lebih lanjut dapat dilihat di sini.





Kelebihan :
1.     Mesin bertenaga, torsi melimpah, akselerasi halus, maklum ini adalah kendaraan saloon mewah yang tidak membutuhkan akselerasi spontan.
2.     Teknologi mesin yang digunakan sudah menggunakan injeksi, walaupun masih bersifat mekanis (belum full elektronik) sehingga tenaga lebih efisiean dibanding dengan menggunakan karburator.
3.     Mesin tergolong bandel asalkan dirawat dengan benar dan komponen-komponen vital seperti Fuel Distributor, ECU (jetronic), CDI dan wiring berfungsi dengan normal.
4.     Kaki-kaki termasuk kuat dan tahan banting, harga spare part juga tidak terlalu mahal.
5.     Sudah mengadopsi 4 cakram pada system pengereman rodanya.
Kelemahan :
1.     Sangat boros BBM, hasil dari pemakaian sehari-hari untuk dalam kota Malang didapat konsumsi BBM paling bagus 1:6,25 ( full AC, tidak terlalu macet dan RPM stabil). Namun untuk pemakaian normal didapat sekita 1:5,8 sampai 1:6. Namun boros atau tidak adalah relatif, mengingat saya pernah menggunakan salah satu MPV sejuta umat dgn mesin 2000cc yang konsumsi BBMnya 1:7.
2.     Mesin besar = Biaya Besar. Itu adalah wajar, kapasitas mesin besar membutuhkan kuantitas OLI yang besar pula, untuk type ini butuh sekitar 6 Lt pelumas untuk penggantian rutin dan 6,5 Lt untuk penggantian bersama filter Oli. Karena 6 silinder maka Busi, injector dan lainnya juga butuh 6 buah, lebih banyak daripada rata-rata mobil yang 4 silinder.
3.     Salah satu “nyawa” dari mesin 300E adalah Fuel Distributor. Tugasnya adalah mendistribusikan bahan bakar dan mengatur tekanan (injector) ke masing2 silinder, jika alat ini tidak berfungsi dengan baik, maka efeknya adalah mesin tidak bisa halus (goyang) karena pembakaran dan kinerja pada masing2 silinder tidak seimbang, selain itu juga akan menjadi sangat boros bahan bakar. Komponen ini harganya cukup mahal, jika diganti utuh, harganya sekitar 12 juta lebih, namun ada beberapa mekanik/bengkel spesialis yang dapat mengganti “membran kit” nya  saja dengan harga sekitar 3jt-an. Untuk hasilnya, jika yang mengganti benar dan paham, fuel distributor bisa berfungsi normal kembali.




4.     Spare part tidak selalu tersedia. Karena termasuk mobil mewah dan sudah dihentikan produksinya sejak waktu yang lama, untuk komponen mesin, terutama yang termasuk “slow moving” seperti packing, clutch set dll biasanya tidak ready stock, atau kalaupun ada tidak sembarang bengkel/took menyediakan seperti mobil jepang pada umumnya. Mengenai harga saya rasa masih wajar dan terkadang sama atau malah lebih murah dibanding mobil Jepang baru dengan mesin yang lebih kecil.
AKOMODASI :
Kelebihan :
1.     Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa salah satu factor yang membuat brand Mercedes Benz terkenal adalah kenyamanan dan fitur-fitur keselamatannya. Untuk kenyamanan tidak usah diragukan lagi, kombinasi wheel base panjang, track roda lebar, bobot yang bongsor, ditunjang dengan suspensi khas Mercedes Benz membuat mobil ini sangat nyaman untuk dikendarai. Hal itu masih ditambah lagi dengan jok yang menggunakan per spiral sehingga berfungsi juga untuk meredam pergerakan mobil dikala melewati jalanan rusak.




2.     Fitur keselamatan juga sangat lengkap untuk mobil di era awal 90an. ABS, safety child lock adalah fitur standar pada semua type, sedangkan airbag ada pada varian masterpiece. Bahkan itu masih jauh lebih baik daripada kebanyakan mobil baru saat ini dimana ABS hanya ada pada kasta tertinggi.
3.     Fitur lainnya juga sangat mewah antara lain seperti interior mewah, head lamp levelizer, dual zone climate untuk AC, power window dan central lock sudah menjadi standar, jika di mobil baru ada MID (Multi Information Display) untuk menunjukkan konsumsi BBM, maka di mobil ini juga ada Fuel Consumption Meter untuk mengukur efisiensi bahan bakar sesuai dengan keadaan jalan dan mesin (mirip seperti econo meter pada mobil hybrid).
4.     Modelnya classic, tidak lekang oleh zaman (tentu saja menurut penggemarnya hehehehe)
5.     Kualitas Body, Cat, dan Built Quality secara umum sangat bagus, dengan produksi tahun 90an masih berani dibandingkan dengan mobil mobil yang relatif lebih baru.

Kelemahan :
1.     Body bongsor membuatnya tidak lincah untuk membelah kemacetan atau di jalan yang sempit dan berliku.
2.     Jika ada kelengkapan interior seperti power window switch, kisi atau grill AC yang rusak, maka akan sangat susah untuk mencari gantinya. Harus rajin-rajin browsing internet dan bergaul dengan komunitas mobil ini.
3.     Central lock menggunakan system vacuum bukannya elektrik, tidak semua mekanik paham dengan hal ini.
4.     Kondisi pelapis dashboard, plafond, jok mungkin sudah lemah mengingat mobil ini didesain untuk Negara dingin (Eropa) sehingga di Negara tropis yang panas, kondisi tersebut memerlukan perawatan dan perhatian ekstra.

OVERALL :
Ditinjau dari value for money, mobil ini sangat baik karena dengan harga relatif murah ada sudah mendapatkan kenyamanan dan keamanan yang jauh lebih tinggi daripada harganya. Mobil ini layak dipakai sebagai 2nd Car bukan 1st Car mengingat boros BBM dan tidak lincah dalam penggunaan sehari-hari. Jika anda memang hobby, atau memang ingin tampil beda, Mercedes Benz 300E memang layak untuk dipertimbangkan, dengan harga relatif murah berkisar 45-100 juta untuk tahun produksi 88-95 dan type yang berbeda2, maka anda mendapatkan prestise, kenyamanan dan fitur yang mungkin hanya ada pada mobil keluaran Jepang terbaru dengan kisaran harga diatas 500juta.

5 komentar to “My Review about Mercedes Benz 300E (Boxer W124)”

terima kasih pak,saya sangat terbantu sekali,saya baru saja memiliki mercy tahun 91,cuma baru saja punya, sudah banyak yg mau nipu2, yg katanya fuel distributor harganya sampe 25 juta, =( kalau bisa, dijabarkan juga pak, gejala2 kerusakan, terima kasih..

salam kenal

alka

salam kenal om.. katanya barang kampakan dr singapura cenderung lebih murah? klo mu cari, kira2 dmn ya biar ga ditipu2 gtu deh

-inon-

untuk bengkel yang bisa ganti membran kitnya dibengkel mana om?ada rekomen ga??thanks

Mercedes
Model: E230 & TE230 W210
Transmisi: Otomatis 4 Percepatan
Tahun Pembuatan: 1995-2002
Harga Baru: 600jt setelah krismon (kalo gak salah)
Harga Second: 115 – 135jt

Spesifikasi Kendaraan:
2300cc, ABS, PS, PW, RWD
150HP & 220Nm

Ulasan:
Mercedes E-Class, mobil ini besar, nyaman, mewah, sunyi, benar-benar mobil yang sangat enak untuk dikendarai dan disupiri. Walaupun jok belakang agak keras dan bantingan per keras untuk sebuah Mercedes, mobil ini merupakan model Mercedes yang radikal pada masanya.

Hal ini semua tidak masalah, karena pada saat itu Mercedes sangat berusaha keras untuk mengalahkan posisi BMW seri 5 sebagai executive sedan terbaik di masanya. Sayangnya dalam tugas ini Mercedes gagal, baru pada W211 mereka berhasil menduduki kursi raja executive sedan dari BMW.

Tetapi kegagalan ini bukan masalah yang berarti, masyarakat new money pada saat itu lebih mencari mobil dengan pengendaraan yang hidup dan mesin yang responsif, hal dimana Mercedes pada saat itu kurang perhatian (seri E55 AMG memberi perlawanan berarti, tapi masih belum berhasil).

Mercedes secara konsisten dan dengan eksekusi yang sempurna membuat mobil yang mewah, lega (lebih besar dari kompetitornya), dan nyaman untuk SEMUA waktu dan untuk SEMUA acara. Disini E-class memegang peranan penting, karena E-class W210 adalah mobil yang to-have, yang menandakan sebuah status simbol yang memberikan pesan bahwa lebih penting untuk terlihat sopan dengan citra bangsawan daripada lawannya yang meminta perhatian seperti anak nakal.

Positif:
- Kabin yang sangat nyaman
- Image yang megah
- Bodi rigid
- Layanan servis yang komprehensif

Negatif:
- kualitas material interior pada beberapa bagian terlihat murah
-jok belakang keras untuk ukuran Mercedes
- Mesin 2300cc terlalu lambat dan tidak responsif

Ringkasan:
Jika ingin cari mobil second executive sedan, dan untuk mobil ke kantor atau pesta, ini jawabannya, mobil ini reliable dan pada saat yang bersamaan imagenya kuat sebagai sebuah Mercedes.

Leave a Reply